Cara Mengatasi HP Android Bootloop

 Bootloop adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat Android. Masalah ini bisa disebabkan karena sistem Android yang sedang error, atau juga karena ada file sistem yang silang. Akibatnya perangkat Android akan berhenti pada logo atau tidak bisa masuk ke menu utama saat dinyalakan.
Penyebab bootloop ini bisa bermacam-macam. Salah satunya karena malware yang menyerang sistem. Selain itu bootloop bisa terjadi karena kita tidak sengaja menghapus file sistem Android. Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah bootloop ini cukup mudah. Namun pertama-tama anda harus mengetahui seberapa parah bootloopnya dan apa yang menyebabkan perangkat Android anda mengalami bootloop.
Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi HP android yang bootloop, bisa langsung simak baik-baik ulasan dari majalah gadget kali ini.android bootloop1. Light Bootloop
Light bootloop ini bisa disebut bootloop ringan yang mudah untuk diatasi. Bootloop jenis ini bisa terjadi karena kita memodifikasi file sistem tanpa menggunakan recovery mode. Cara mengatasinya adalah dengan macam mencabut bateri dan mendiamkannya beberapa detik, kemudian pasang kembali dan HP android anda akan normal kembali.

2. Medium Bootloop
Medium bootloop ini merupakan jenis bootloop sedang yang cukup mudah untuk diatasi. Bootloop medium biasanya terjadi karena terdapat kesalahan saat melakukan recovery, misal memasukkan firmaware yang tidak sesuai dengan HP kita. Cara untuk mengatasinya hanya tinggal melakukan restore back up CWM atau bisa menggunakan odin di PC.

3. Hard Bootloop
Hard bootloop merupakan jenis bootloop yang parah. Bootloop jenis ini terbilang cukup sulit untuk diperbaiki karena HP sama sekali tidak bisa masuk ke recovery mode. Solusinya jika terjadi bootloop ini adalah melakukan flash menggunakan PC Odin atau perangkat seperti tool box atau recovery box.

 Cara Mengatasi Bootlop Pada Android
Mengatasi bootloop pada android memerlukan langkah-langkah teknis.
  • Salah satu cara untuk mengatasi bootloop adalah kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Nah, solusinya kita harus masuk ke Recovery Mode.
  • Untuk masuk ke recovery mode biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namu setiap merk caranya beda-beda.
  • jika berhasil Anda akan melihat gambar seperti ini. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengesekusi. Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.


cara mengatasi bootloop android


  • Kemudian arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombol power. Berikutnya perangkat akan memproses permintaan reset yang Anda minta. Beberapa perangkat ada yang langsung restart, tapi beberapa lainnya hanya memberi informasi selesai.

cara mengatasi bootloop android

  • Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. Sampai di sini tugas Anda sudah selesai separuhnya, setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem. Tugas baru pun menanti.

cara mengatasi bootloop android
Langkah berikutnya relatif mudah, silahkan atur kembali akun Anda, kemudian unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan atau restore hasil backup jika punya.

0 Response to "Cara Mengatasi HP Android Bootloop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel