Tengok Fungsi Teknologi dari Sisi Sekolah
Galang Nur Aji Pamungkas - Kali ini saya akan share tentang sesuatu yang sepele tapi jarang sekali dilakukan oleh siswa siswa di Sekolah mungkin. Pernahkah kalian membawa Handphone ketika pelajaran dimulai? 99,8 % siswa pasti pernah mengalaminya, sementara 0,2 % dari siswa tersebut bisa dibilang GAPTEK atau ALIM. Tapi pernahkah siswa tersebut berfikir akan kegunaan positif yang menunjang proses belajar mengajarnya? 90 % dari 99,8 % siswa tadi terbukti tidak memikirkannya. Lalu, apa yang mereka pikirkan? Dari hasil reset yang saya lakukan selama ini, 90 % siswa yang membawa Handphone di sekolah, cenderung memanfaatkannya untuk perbuatan negatif, kayak bocah satu ini :
Sadarkah kalian? Pernahkah kalian melakukan perbuatan semacam ini? Akuilah bahwa kalian pernah, jangan menjadi orang yang munafik hehe karena akupun juga pernah melakukannya ^_^. Tapi mengapa mereka berpotensi melakukan hal semacam itu? Beberapa alasan yang mungkin memicu pemakaian Handphone yang tidak selayaknya di jam pelajaran adalah sebagai berikut :
1. Di SMS pacar
2. Main Game nyelesaiin Misi
3. Gurunya ga enak
4. Mencontek
5. Pura pura Main Hp
Dari ke-5 faktor diatas, yang nomor 1 lah yang paling banyak diminati oleh kalangan siswa. Lantas, jika semua itu salah, bagaimana cara menggunakan Handphone yang benar dikelas? Nah, saya telah membuktikan di kelas saya sendiri, dengan teman teman saya dan saya lakukan waktu pemantapan kelas XII ini. Bagaimana caranya?
Kita ingat waktu pemantapan tidaklah sepanjang kita tidur waktu malam hari. Benar apa adanya, maka dari itu, kita butuh waktu banyak untuk mencatat apa yang dicelotehkan guru kita karena kita sudah pasti akan membahas semua materi yang di ajarkan dari kelas X sampai kelas XII . Dengan waktu yang relatif singkat, hanya orang dengan kecepatan menulis 20 Lembar /30 menit yang bisa mengerjakannya. Jadi dengan inisiatif guru dan teman teman, beginilah yang terjadi :
Apa yang ada di benak kalian? 80 % orang yang menggunakan otaknya sekedar melihat di satu sisi pasti berpendapat bahwa anak yang melakukan hal ini adalah anak yang malas, tapi, bagaimana dengan orang yang memiliki pikiran kritis? dia pasti mengatakan bahwa Hal ini sangat inovatif, dengan menggunakan teknik penggunaan teknologi semacam ini, siswa dapat cepat menyelesaikan materi, ketika dia memfoto , dia akan menyalin hasil fotonya di rumah, dan ini juga merupakan kegiatan belajar mengajar, sementara disisi lain, hal ini dapat menyingkat waktu menulis di kelas agar waktu tidak habis hanya karena menulis, di lain sisi lagi hal ini lebih berarti dari pada menggunakan Handphone seperti yang saya jabarkan diatas tadi, seperti Mencontek, SMSan sama Pacar, selingkuhan 1, selingkuhan 2, dkk, lebih baik kita memanfaatkan nya dengan benar.
NB : Tidak berlaku untuk Ulangan dan Ulangan Akhir Semester. Jangan sekali - kali berbuat curang di Ulangan dan Ulangan Akhir maupun Ulangan MID, karena akibatnya tidak langsung terjadi pada anda, tapi bertahap, dan anda akan menyesal di kemudian hari.
Leave coment if you're interested in ^_^
Galang Nur Aji Pamungkas
Sadarkah kalian? Pernahkah kalian melakukan perbuatan semacam ini? Akuilah bahwa kalian pernah, jangan menjadi orang yang munafik hehe karena akupun juga pernah melakukannya ^_^. Tapi mengapa mereka berpotensi melakukan hal semacam itu? Beberapa alasan yang mungkin memicu pemakaian Handphone yang tidak selayaknya di jam pelajaran adalah sebagai berikut :
1. Di SMS pacar
2. Main Game nyelesaiin Misi
3. Gurunya ga enak
4. Mencontek
5. Pura pura Main Hp
Dari ke-5 faktor diatas, yang nomor 1 lah yang paling banyak diminati oleh kalangan siswa. Lantas, jika semua itu salah, bagaimana cara menggunakan Handphone yang benar dikelas? Nah, saya telah membuktikan di kelas saya sendiri, dengan teman teman saya dan saya lakukan waktu pemantapan kelas XII ini. Bagaimana caranya?
Kita ingat waktu pemantapan tidaklah sepanjang kita tidur waktu malam hari. Benar apa adanya, maka dari itu, kita butuh waktu banyak untuk mencatat apa yang dicelotehkan guru kita karena kita sudah pasti akan membahas semua materi yang di ajarkan dari kelas X sampai kelas XII . Dengan waktu yang relatif singkat, hanya orang dengan kecepatan menulis 20 Lembar /30 menit yang bisa mengerjakannya. Jadi dengan inisiatif guru dan teman teman, beginilah yang terjadi :
Apa yang ada di benak kalian? 80 % orang yang menggunakan otaknya sekedar melihat di satu sisi pasti berpendapat bahwa anak yang melakukan hal ini adalah anak yang malas, tapi, bagaimana dengan orang yang memiliki pikiran kritis? dia pasti mengatakan bahwa Hal ini sangat inovatif, dengan menggunakan teknik penggunaan teknologi semacam ini, siswa dapat cepat menyelesaikan materi, ketika dia memfoto , dia akan menyalin hasil fotonya di rumah, dan ini juga merupakan kegiatan belajar mengajar, sementara disisi lain, hal ini dapat menyingkat waktu menulis di kelas agar waktu tidak habis hanya karena menulis, di lain sisi lagi hal ini lebih berarti dari pada menggunakan Handphone seperti yang saya jabarkan diatas tadi, seperti Mencontek, SMSan sama Pacar, selingkuhan 1, selingkuhan 2, dkk, lebih baik kita memanfaatkan nya dengan benar.
NB : Tidak berlaku untuk Ulangan dan Ulangan Akhir Semester. Jangan sekali - kali berbuat curang di Ulangan dan Ulangan Akhir maupun Ulangan MID, karena akibatnya tidak langsung terjadi pada anda, tapi bertahap, dan anda akan menyesal di kemudian hari.
Leave coment if you're interested in ^_^
Galang Nur Aji Pamungkas
0 Response to "Tengok Fungsi Teknologi dari Sisi Sekolah"
Post a Comment