Perbedaan Smartphone Layar HD, Full HD, dan Quad HD

Smartphone saat ini sudah berkembang sangat pesat, mulai dari peningkatan proseso, RAM, VRAM, body smartphone sampai ada yang melengkung, harga juga tentunya, sampai perkembangan layar. Jaman dahulu kita mengenal handphone dengan layar monochrome, sekarang kita disuguhkan smartphone yang memiliki layar mulai dari TFT, IPS, Amoled, HD, Full HD, Quad HD dan lain sebagainya.


Sebenarnya apa sih yang membedakan layar HD, Full HD dan Quad HD ? Banyak sekali hipotesis yang dilontarkan mulai dari yang satu ini :
Perbedaan layar HD dan Full HD itu kalau HD videonya ngerekamnya 720p kalau Full HD 1080p
Salah. Pendapat seperti itu bisa dikatakan salah kaprah. Begini penjelasannya.

Layar HD

HD sendiri adalah merupakan singkatan dari High Definition. Layar smartphone yang dibekali layar HD memiliki resolusi layar sebesar 1280x720 piksel artinya, misalnya smartphone anda memiliki layar sebesar 5 inchi, maka dalam cangkupan ukuran tersebut terdapat kerapatan layar yang rapat. Misalnya kerapatan layar 270 ppi, akan lebih longgar dibanding kerapatan 441 ppi. Dengan layar HD maka pikselnya akan menjadi rapat dibanding layar yang tidak HD.

Layar Full HD

Full HD atau Full High Definition memiliki resolusi sebesar 1920x1280 . Merupakan kerapatan yang lebih tinggi dibanding layar HD, dalam artian, gambar yang ditampilkan pada layar Full HD akan lebih jelas terlihat dibanding gambar yang sama yang ditampilkan pada layar HD. Jika dalam ukuran yang sama 5 inchi misalnya, maka kerapatan Full HD akan lebih tinggi dibanding layar HD. Jika layar semakin besar maka kerapatannya akan berkurang juga.

Layar Quad HD / 2K

Kenapa disebut layar 2K ? Karena layar quad HD ini mengusung resolusi 2560x1440 piksel. Merupakan layar yang memiliki resolusi berkisar 2000an yakni 2560. Biasanya layar Quad HD dibawa bersama layar Amoled. Sudah tidak menggunakan LCD lagi. Layar Quad HD memberikan kesan anda melihat gambar seperti aslinya seperti anda melihat langsung gambar tersebut melalui smartphone.

Berikut Contoh perbedaan layar HD Full HD dan Quad HD



Pengaruh Terhadap Baterai

Semakin besar resolusi piksel nya maka akan semakin rapat juga pikselnya. Hal ini akan membuat baterai bekerja lebih berat dibanding piksel yang kurang rapat. Karena semakin besar pikselnya gambarnya juga akan semakin jelas, maka baterai pun juga akan cepat berkurang. Intinya layar HD akan lebih awet penggunaan baterainya dibanding dengan Full HD dan Quad HD.


0 Response to "Perbedaan Smartphone Layar HD, Full HD, dan Quad HD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel